Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri Sejak Dini

0
705

Banyak orang tua yang baru menyadari betapa kurangnya percaya diri anak ketika mulai memasuki dunia sosial kecilnya, yaitu prasekolah. Sebelum masa itu datang, rasa ragu dan malu yang melanda anak saat harus berinteraksi dengan orang luar masih belum dipandang sebagai masalah dan cenderung dimaklumi. Tetapi sebetulnya sejak dini Anda sudah bisa mulai melatih balita anda agar tidak hanya menjadi “jagoan kandang’ saja.
Oleh karena itu sejak bayi, bebaskan dirinya untuk bereksplorasi. Hindari memberikan terlalu banyak batasan saat bermain maupun beraktivitas sehari-hari. Anak yang dibiarkan berekplorasi untuk memuaskan rasa ingin tahunya bisanya akan berkembang menjadi anak yang kreatif dan pintar.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Remaja Di Era Digital

Dan anak yang kreatif bisanya juga akan lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan dunia luar. Tanamkan citra diri yang baik terhadap dirinya sendiri sejak belia. Buatlah ia merasa bahwa ia adalah anak yang berharga dan dibanggakan oleh bunda dan ayahnya. 
Sampaikan citra diri positif ini lewat kata atau pesan tersirat lewat interaksi antara anak dan orang tua. Balita pun akan menjadi seorang pembelajar yang penuh keyakinan tinggi. 
Ketika kerabat datang berkunjung ke rumah, pancing anak untuk kumpul bersama atau sekedar bertanya-tanya kepada anak tentang pengalaman pada saat berjalan-jalan bersama orang tua biar dia mau menceritakan dan dan berbagai keseruan kepada kerabat. 
Interaksi dengan orang yang telah dikenal tetapi jarang ditemui bisa jugak menjadi langkah awal untuk mengasah keberanian dan rasa percaya dirinya. Kepercayaan diri dipupuk dari sikap berani dan tidak malu-malu dalam bertindak.

Baca Juga : Cara Mengajarkan Etika Yang Baik Pada Anak

Saat diajak jalan-jalan biarkan dia berjalan sendiri dan berinteraksi dengan orang lain. Ketika ia menginginkan sesuatu atau mau membeli sesuatu duru dia membelinya sendiri. 
Ketika dia sudah mulai masuk usia prasekolah, sering-sringlah ngobrol dengannya, dengan menceritakan bahwa ia sudah besar dan sebentar lagi sekolah. Berikan sebuah gambaran padanya bahwa bersekolah itu menyenangkan dan dia akan bertemu banyak teman baru. 
Mempersiapkan dirinya sebelum terjun ke dunia luar akan membuat kadar percaya dirinya lebih tebal, sebab ia tahu apa yang kira-kira akan dihadapinya dan bisa jadi ia akan antusias untuk menghadapinya.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Emosional

Buat orang tua ada bebe rapa tips yang perlu diperhatikan. 

1. Pujian

Semakin sering memuji anak, semakin ia menjadi percaya diri. Hindari untuk terlalu sering menunjukkan keburukannya dan perbanyak memuji perilaku baiknya. Alihkan sikap kritis Anda ke arah yang lebih baik selalu katakan padanya, bahwa Anda yakin dia pasti bisa. 

2. Penerimaan

Berusaha menerima anak Anda apa adanya dan selalu menyampaikan kata-kata yang mendorongnya untuk maju. Melihat anak lain tampil lebih baik dari pada anak Anda sendiri kadang-kadang bisa membuat Anda jadi cenderung ingin menuntut anak Anda lebih banyak. Padahal tekanan yang terlalu besar malah akan membuat si anak Anda bisa frustasi jadi ber hati-hatilah. 

3. Pemahaman

Tempatkan diri Anda pada posisi anak, Anda pun dulu juga pernah seusia dia, dan ingat lah kembali hal-hal yang bisa membuat Anda menjadi kurang percaya diri, ingat kembali perasaan apa yang bisa membuat Anda bisa demikian. Lalu jauh kan hal-hal tersebut pada anak anda agar kasalahan yang dulu pernah anda lakukan tidak terjadi pada anak anda.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Yang Egois

4. Positif

Segala hal yang positif akan membawa hasil yang positif pula. Jika Anda memberi perhatian lewat senyuman tulus, selalu menatap matanya dengan semangat, dan menunjukkan rasa tertarik akan apa yang ia lakukan itu membuatnya merasa aman dan nyaman, sehingga dengan sendirinya bisa berkreasi tanpa hambatan emosional apa pun. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here