Cara Mendidik Anak di Era Digital Saat Ini

0
860
Cara mendidik anak pada era digital saat ini memang sangat susah – susah gampang. Pengaruh teknologi saat ini sangat mempengaruhi pola pikir perkembangan anak jaman sekarang. Apalagi saat ini perkembangan teknologi sudah tidak terbendung lagi dan kita sebagai orang tua tentunya sangat was-was.
Semua informasi saat ini dapat diakses dengan bebas oleh siapapun apalagi jika anak sudah dikasih yang namanya smartphone. Perkembangan teknologi ada sisi positif dan ada sisi negatifnya. Kita sebagai orang tua harus bisa mengontrol tumbuh kembang anak.
Mendidik anak adalah tanggung jawab bersama kedua orang tua, karena anak akan menjadi bai tergantung bagaimana orang tua mengarahkannya. Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena tidak memperhatikan tumbuh kembang anak.
Berikut Tips Cara Mendidik Anak di Era Digital Saat ini :

1. Ambil Tanggung Jawab

Setiap anak memiliki daya tangkap dan kreatifitas yang berbeda-beda, anda sebagai orang tua harus peka. Hendaknya orang tua bisa mengambil tanggung jawab sepenuhnya dalam mendidik anak, karena mendidik anak hakekatnya adalah tanggung jawab kedua orang tua.
Selain itu dalam mendidik anak selain orang tua bisa juga menggunakan pihak ketiga antara lain sekolah, madrasah, pondok pesantren. Hal ini supaya si anak memiliki kemampuan dan mengasah kecerdasannya dalam berkembang.
Karena orang tua memiliki keterbatasan dan tidak mampu mendidik sendiri tentang segala hal kepada anak-anak, maka anda memerlukan mitra untuk mendidik. Mitra tersebut ialah seorang guru sekolah, guru mengaji yang bisa memberikan bimbingan ahklak dan perilaku anak.

Baca Juga : 6 Cara Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga

2. Sinergi Pengasuhan.

Anda sebagai orang tua tentunya harus saling bersinergi terhadap cara mengasuh anak. Kisinergian antara orang tua dan anak sangat penting dalam mendidik anak. Ayah dan ibu harus saling mengerti dan memahami tumbuh kembang anak karena dari merekalah anak akan memiliki karakter sesuai yang diajarkan.
Anak yang mendapakan pengasuhan langsung dari kedua orang tua tentunya akan memiliki kualitas pendidikan yang baik. Pesikologi anak akan terpengaruh dari hasil kolaborasi orang tua. Buatlah anak bahagia dan ceria yang menandakan bahwa anak merasa nyaman dalam tumbuh kembang.

3. Jadilah Orang Tua Yang Kuat, Pintar, Hangat dan Bersahabat.

Orang tua yang memiliki jiwa yang kuat, pintar dan hangat untuk selalu mendampingi anak-anaknya dalam menajalani setiap pertumbuhannya akan menghasilkan kualitas anak yang baik dan tangguh. Kedekatan anak kepada orang tua sangatlah penting karena mempengaruhi jiwa anak itu sendiri.
Pada zaman sekarang ini banyak anak yang kurang kasih sayang dari orang tua yang diakibatkan kesibukan orang tua yang bekerja. Biasanya anak akan memiliki prilaku yang bandel jika tidak diasuh orang tua sendiri. Mereka sejatinya perlu sentuhan orang tua sendiri dan butuh kasih sayang.
Berikan kesempatan waktu yang bersahabat untuk anak anda supaya dia tidak merasa kesepian. Luangkan waktu untuk bersama dengan anak-anak supaya anak merasa diperhatikan.
Dengan cara seperti itu maka anak akan betah bersama dengan kedua orang tua di rumah, sekaligus anda akan mudah dalam mengarahkan dan mengingatkan anak. Anak akan merasa nyaman bersama kedua orang tua dan tidak akan memberontak atau lari dari anda.

Baca Juga : Cara Mengajarkan Etika Yang Baik Pada Anak Sejak Dini

4. Tanamkan Nilai

Salah satu hal penting yang harus anda lakukan dalam mendidik anak adalah menanamkan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan. Karena penanaman nilai ini sangat mempengaruhi jiwa tumbuh kembang anak, anak akan tau mana sesuatu yang benar dan mana sesuatu yang salah.
Jika anak sudah anda tanamkan nilai kebaikan maka insallah jika sudah besar nanti akan selalu memegang teguh kejujuran dan kebenaran. Maka dari itu anda jangan menyepelekan dalam menanamkan nilai kebenaran dalam diri anak anda.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Biar Mandiri Sejak Dini

Dan masih banyak lagi hal-hal yang harus orang tua lakukan dalam mendidik anak, poin diatas hanya sebagian kecil dari proses mendidik anak supaya menjadi anak yang baik. Anda sebagai orang tua harus memiliki kesabaran yang extra dalam mendidik anak. Kesabaran adalah kunci kesuksesan dalam mendidik anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here