6 Cara Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga

0
1202
Cara mendidik anak supaya menjadi anak yang baik dalam keluarga. Dalam sebuah keluarga anak merupakan hadiah dari yang maha kuasa kepada sebuah keluarga. Dengan adanya anak keluarga akan terasa sempurna karena memiliki generasi penerus yang bisa melanjutkan regenerasi keluarga.
Banyak orang mendambakan buah hati namun Allah berkendak lain dan belum dikaruniai momongan. Tentunya keluarga yang belum bisa memiliki anak terus berusaha dengan berbagai cara supaya dapat momongan.
Bagi yang sudah dikarunia anak anda memiliki kewajiban untuk menjaganya secara baik supaya tumbuh kembang anak sempurna. Kesempurnaan anak tidak hanya kelengkapan fisik dan keceerdasan anak saja namun ada hal-hal lain yang harus diperhatikan kita sebagai orang tua.
Jika kita mendidik anak dengan baik insallah kelak ia akan menjadi anak yang baik, berbakti kepada orang tuanya, dapat berguna bagi orang lain dan tentunya akan menjadi penerus keluarga kita menjadi lebih baik.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak di Era Digital Saat Ini

Lantas kapan waktu mendidik anak yang baik?mungkin pertanyaan ini sering timbul para orang tua yang baru pertama kali memiliki buah hati. Untuk mendidik anak supaya menjadi anak yang baik sebaiknya bisa dilakukan sejak usia dini.
Usia dini merupakan usia yang baik untuk menanamkan sifat-sifat kebaikan dalam diri anak. Jika anak menjadi dewasa nanti sudah terbiasa dengan apa yang pernah kita tanamkan sejak kecil. Jadi bila anak sudah menginjak dewasa kita tinggal menempah sifat yang baik dan mengasah ketrampilan dan kecerdasan anak.
Untuk mendidik anak menjadi baik itu bukan hal yang mudah dan bukan hal yang sulit. Anda sebagai orang tua harus bisa memahami karakter anak dan bisa membaca dengan cara apa anda harus memberikan pelajaran.

Baca Juga : Cara Mengajarkan Etika Yang Baik Pada Anak Sejak Dini

Mendidik anak butuh kesabaran yang sangat besar, jika anda tidak sabar maka yang akan terjadi malah kekerasan terhadap anak. Maka dari mengetahui karakter anak sangatlah penting sebelum memberikan didikan yang baik.
Namun anda tidak usah kawatir, karena ada banyak metode yang bisa anda contoh untuk mendidik anak yang baik dan benar. Dengan metode sederhana ini ternyata terbukti mampu menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berbudi luhur.

Baca Juga : 6 Cara Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga

Berikut 6 cara Mendidik anak supaya menjadi baik dan berbudi luhur :

1. Tumbuhkan Rasa Keingintahuan.

Cara pertama untuk memulai mendidik anak yaitu dengan cara menumbuhkan rasa keingintahuan pada anak. Anda sebagai orang tua harus aktif dalam berkomunikasi kepada anak. Anak usia dini memiliki rasa ingin tau yang sangat tinggi.
Contoh anak saya sendiri waktu masih kecil yang selalu bertanya ini itu setiap melihat sesuatu. Darisinilah anak mulai ingin tau apa yang dia lihat. Anda sebagai orang tua harus aktif untuk memberikan jawaban yang benar, karena setiap benda yang dia lihat akan dihafal anak.
Cara lain menumbuhkan rasa ingin tau anak yaitu dengan memberikan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang apa saja benda yang kita temui. Salah satu contoh nama warna-warna, nama hewan, nama transportasi dll.

2. Ajarkan Kemandirian Pada Anak.

Setiap orang tua yang baik pasti selalu menyayangi anaknya dengan sepenuh hati. Terkadang sampai sayangnya terhadap anak samai-sampai anak dimanjakan. Memanjakan anak boleh-boleh saja namun anda sebagai orang tua harus bisa mengontrol dan tidak berlebihan.
Sebagai orang tua juga harus bisa memberikan contoh kepada anak tentang kemandirian dan harus tegas kepada anak. Melatih kemandirian anak sejak dini bisa melatih anak menjadi dewasa dan bertanggung jawab. 
Jika anak terlalu dimanja orang tua bisa menyebabkan dampak buruk setelah dewasa nanti si anak tidak bisa mandiri. Latihlah anak supaya tidak selalu bergantung kepada orang tua dan bisa berjalan secara mandiri.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Biar Mandiri Sejak Dini

Contoh kecil memandirikan anak jika masih balita yaitu biasakan mulai bisa mandi sendiri, makan dan minum sendiri, latih anak tidak takut terhadap sesuatu dan berani sendiri.

Jika anak sudah terbiasa mandiri maka secara langsung setelah dewasa anak akan memiliki sifat yang tangguh dan kuat. Tentunya akan mampu menyelesaikan masalah didunia yang dihadapinya. 

3. Ajarkan Rasa Tanggung Jawab Sejak Dini.

Mangajarkan rasa tanggung jawab kepada anak sangatlah penting, anak yang terbiasa dilatih tanggung jawab akan membuat anak disiplin. Dia akan selalu memegang teguh kedisiplinan terhadap sesuatu yang dia kerjakan.
Rasa tanggung jawab juga modal utama untuk menjadi orang dewasa nanti. Disamping itu akan menumbuhkan jiwa kejujuran pada anak karena sudah terbisa disiplin tanggung jawab. Maka dari itu anda jangan membiarkan anak anda lepas dari tanggung jawab. 
Dalam dunia bersosial setelah dewasa nanti anak yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi akan menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap masayarakat. 
Contoh dari rasa tanggung jawab pada anak yaitu Membereskan mainannya setelah bermain, Mengajarkan anak menaruh mainan pada tempat asal, Membiasakan anak makan dan minum sesuai jadwal. Baca Juga : Cara Mendidik Anak Yang Cengeng Supaya Menjadi Pemberani

4. Tumbuhkan Rasa Berani Menyampaikan Pendapat.

Latihlah anak anda menjadi pemberani menyampaikan pendapat didepan umum. Rata-rata anak yang memiliki sifat pemberani dan tidak malu-malu kelak nanti akan manjadi orang yang sukses.
Sifat keberanian pada anak sangatlah penting yang perlu anda asah sejak dini pada anak anda. Hal ini bisa menjadi modal utama dalam menatap kehidupan kedepan nanti. 
Bagi anak yang memiliki keberanian yang tinggi akan menumbuhkan sifat percaya diri yang tinggi sehingga tidak minder jika bergaul dengan orang banyak. Pada dasarnya keberanian anak menyampaikan pendapat adalah salah satu keterampilan anak yang perlu diasah. 
Jadi sifat keberanian ini harus ditanam dan dipupuk pada usia dini supaya dapat tumbuh menjadi lebih besar. Namun hal ini memerlukan proses yang tidak sebentar dan anda harus sabar dalam mendidik anak. 

5. Tumbuhkan Rasa Kasih Sayang Pada Anak.

Anda sebagai orang tua yang baik dan supaya buah hati anda menjadi baik juga maka anda wajib menanamkan rasa kasih sayang kepada anak anda. Cara ini dilakukan supaya anak memiliki sifat sayang kepada sesama dan kepada lingkungan sekitar.
Sifat rasa kasih sayang yang dimiliki anak dapat membuat pribadi anak menjadi baik dan dapat menyebarkan kebaikan kepada sesama dalam lingkungan bermasyarakat. Karena rasa kasih sayang yang dimiliki anak akan menjadikan anak disenangi oleh banyak orang. 
Jauhkan anak anda dari orang-orang yang suka gosip dan menjelek-jelekkan orang lain, supaya anak tidak tertanam jiwa suka berprasangka jelek kepada orang lain. Ajarkan anak berbagi kepada temannya entah itu mainan atau hanya sebuah makanan.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Laki-laki Yang Baik

6. Jangan Terlalu Menuruti Semua Keinginan Anak.

Menuruti semua keinginan anak tidaklah dilarang namun akan berdampak anak menjadi tidak mandiri dan bergantung kepada orang tua. Jadi janganlah terlalu sering membiasakan menurutinya walaupun itu sederhana. Latihlah anak supaya bisa melakukannya sendiri atau kalau minta mainan atau sesuatu jangan langsung dituruti.
Namun anda harus pandai dalam menolaknya dan jangan terang-terangan menolak tanpa alasan apapun. Berusahalah memberikan penjelasan kepada anak secara logis terhadap sesuatu yang tidak bisa anda penuhi. Supaya anak mampu berfikir secara luas kenapa orang tua tidak menuruti keinginannya. 
Secara perlahan jika anda memberikan penjelasan maka anak akan berlatih mengerti dengan keadaan yang dia alami. Hal ini dapat menjadi bekal nanti jika dia sudah dewasa bahwa tidak semua yang dia inginkan dapat dicapai dengan mudah namun memerlukan perjuangan yang besar untuk meraihnya. 
Demikianlah cara mendidik anak yang baik supaya dapat tumbuh besar menjadi anak yang berbakti kepada orang tua dan bermanfaat kepada bangsa dan negara. Sebenernya masih banyak lagi cara-cara mendidik anak menjadi anak baik namun garis besarnya ada pada 6 pokok diatas.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Biar Patuh Terhadap Orang Tua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here