Doa Setelah Mengerjakan Sholat

0
873
Bacaan doa setelah mengerjakan sholat

Assalamualikum Wr.Wb. sebelum kita simak Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Sholat mari kita haturkan puja puji syukur kehadirat Allah swt. yang mana atas limpahan rahmat,hidayah serta inayah-Nya kita semua masih di beri nikmat baik berupa nikmatul ijad dan nikmatul imdad, mari rasa syukur kita kepada Allah Swt. kita realisasikan dengan bacaan hamdalah ” Alhamdu lillahi robbil alaminn….”

Sholawat bermutiarakan salam yang seindah-indahnya mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada baginda nabi agung Muhammad Saw.yang mana telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman islmiyah,mari rasa mahabbah kita kepada baginda Nabi Muhammad Saw. kita realisasikan dengan bacaan sholawat,” Allahumma sholli ala syyidinaa Muhammad…”

Beliau baginda Nabi Muhammad Saw. telah membimbingkan kepada ummatnya betapa pentingnya sebuah doa, sehingga banyak sekali hadits-hadits yang menjelaskan tentang hal tersebut seperti salah satu hadits beliau Rosulullah Saw. yang artinya : ” Doa itu senjatanya umat muslim “.

Tentunya hajat seorang hamba ke pada Allah Swt. banyak sekali, sehingga sudah pastinya permohonan-permohonan hajat tersebut di samping kita berusaha secara maksimal secara lahiriyah juga harus di imbangi dengan sebuah doa.

Jangan sampai kita menjadi soerang hamba yang sombong, yang tak mau berdoa Setelah Mengerjakan Sholat, yang hanya mengandalkan dan menyakini usaha kita semata, sehingga dalam pencapaian usaha tentunya kurang maksimal, Allah sudah berfirman dalam Al quran yang artinya kurang lebih : ” mintalah (berdoa) kepadaku niscaya aku akan mengabulkan permintaanmu “.

Dengan demikian Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Sholat yang telah kita panjatkan tiada lain hanyalah semata-mata mengikuti perintah-Nya atau dalam istilah lain di sebut ” LILLAH “,

Pada zaman akhir seperti ini banyak sekali orang yang lalai akan hal tersebut, seseorang lebih mengandalkan kemampuan atas usaha lahiriyahnya sendiri atau kata lain disebut dengan istilah ” BINNAFSI “, mereka meyakini bahwa pencapain atasnya adalah hasil dari kemampuannya, mereka lupa bahwa semua yang terjadi adalah atas campur tangan Allah Swt. dalam istilah lain di namakan ” BILLAH “, semua yang terjadi di muka bumi ini tak lain adalah atas qodho dan qodar-Nya, kita sebagai hamba-Nya tiada lain hanyalah sebatas usaha, namun urusan hasil Allah lah yang menentukannya.

Ketika suatu hamba sadar akan campur tangan Allah dalam segala hajat dan keperluannya, tentunya dalam setiap pencapaian yang ia gapai, mereka sadar bahwa semuanya adalah titah Allah, sehingga pertama kali ucapan yang akan keluar dari lisan mereka adalah ucapan syukur kepada Allah.

Lain halnya dengan hamba yang merasa bahwa semua pencapaian yang meraka raih adalah dari hasil dirinya sendiri, maka secara otomatis yang keluar dari lisan hamba tersebut ketika mendapat keberhasilan hanyalah merasa bangga atas dirinya, mereka tidak sadar bahwa keberhasilannya atas campur tangan Allah na’udzubillah.

Maka dari itu beliau Rosuululloh Saw. membimbingkan kepada kita selaku ummat-Nya, dalam setiap mengerjakan suatu pekerjaan atau setelahnya di anjurkan untuk berdoa terlebih dahulu, sebagai umat beliau Rosulullah Saw. seyogyanya kita meniru anjuran-anjuran yang telah di bimbingkan beliau, seperti pembahasan pada kali ini yaitu tentang kesunnahan Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Sholat.

Berikut bacaan doa setelah mengerjakan sholat :

Bacaan doa setelah sholat

Membaca istighfar 3x dengan lafadz

اَسۡتَغۡفِرُاللهَ الۡعَظِيۡمِ لِيۡ وَ لِوَالِديَّ وَ لِاَصۡحَابِ الۡحُقُوۡقِ الۡوَاجِبَۃِ عَليَّ وَ ولِمَشَيِّخِنَا وَ لِجَمِيۡع الۡمُوءۡمِنِيۡنَ وَ الۡمُوءۡمِنَاتِ و الۡمُسۡلِمِيۡنَ وَ الۡمُسۡلِمَات الۡاَحۡيَاءِ مِنۡهُمۡ و الۡاَمۡوَات

Memohon di jauhkan dari api neraka dengan membaca lafal ini 7x

.اللهُمَّ اَجِّرۡنَا مِنَ النَّارِ

Kemudian membaca doa ini 1x

اللهُمَّ اَنۡتَ السَّلَامُ وَ مِنۡكَ السَّلَامُ وَاِلَيۡكَ يَعُوۡدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَ اَدۡخِلۡنَا الۡجَنَّۃَ دَارَالسَّلَامِ. تَبَارَكۡتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيۡتَ يَاذَا الۡجَلَالِ وَالۡاِكۡرَامِ. اللهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا اَعۡطَيۡتَ وَ لَامُعۡطِيَ لِمَا مَنَعۡتَ وَ لَارَادَّ لِمَا قَضَيۡتَ ولَايَنۡفَعُ ذَاالۡجَدِّ مِنۡكَ الۡجَدُّ . اللهُمَّ اَعِنِّيۡ عَلَی ذِكۡرِكَ وَشُكۡرِكَ وَ حُسۡنِيۡ عِبَادَتِكَ.

Membaca ayat kursi

اَللهُ لَا اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَيُّ الۡقَيُّوۡمُ لَا تَاءۡ خُذُهُ سِنَۃٌ وَلَا نَوۡمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَ مَا فِي الۡاَرۡضِ مَنۡ ذَا الَّذِيۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهُ اِلَّا بِاِذۡنِهِ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡديۡهِم وَ مَا خَلۡفَهُمۡ وَ لَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَيۡءٍ مِنۡ عِلۡمِهِ اِلَّا بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالۡاَرۡضَ وَلَا يَءُوۡدُهُ حِفۡظُهُمَا وَهُوَ الۡعَلِيُّ الۡعَظِيۡمِ.

Membaca tasbih

سُبۡحَانَﷲ ٣٣ الۡحَمۡدُلِلّٰهِ ٣٣ ﷲُ اَكۡبَرُ ٣٣ لَااِلٰهَ اِلَّا ﷲُ ٣٣

Membaca doa

اَلۡحَمۡدُ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعَالَميۡنَ اَللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمۡ عَلَی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِی الۡاَوَّلِيۡنَ وَصَلِّ وَ سَلِّمۡ عَلَی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِی الۡاٰخِرِيۡنَ وَ صَلِّ وَ سَلِّمۡ عَلَی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِيۡ كُلِّ وَقۡتٍ وَحِيۡنٍ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمۡ عَلَی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاۃً دَٓاءِمَۃ نَسۡاءَلُكَ بِهَا يٰٓاﷲ يٰٓاﷲيٰٓاﷲ مِنۡ لَدُنۡكَ قُلُوۡبًا صَافِيَۃ وَعُلُوۡمًانَافِعَۃۡ وَاَعۡمَالًا مَقۡبُوۡلَۃۡ وَ ذُنُوۡبًا مَغۡفُوۡرَۃۡ وَاُمُوۡرًا مُيَسَّرَۃۡ وَاَرۡزَاقًا وَاسَِۃً مُبَارَكَۃۡ وَ حَوٓاءِجً مَقۡضِيَّۃۡ وَ الۡعَفۡوَ والۡعَافِيَۃَ وَ الۡمُعَافَۃَ الدّٓاءِمَۃِ فِی الدِّيۡنِ وَ الدُّنۡيَ وَ الۡاٰخِرَۃِ وَتَمَامَ التَّوۡفِقِ والۡاِسۡتِقَامَۃَ التٍّامّۃۡ وَذُرِّيَّۃً طَيِّبَۃۡ وَحُسۡنَ الۡخَاتِمَۃۡ وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا وَرَضِّنَا يَا رَبَّنَالَنَا وَ لِوَالِدِيۡنَا وَلِمَشَيِّخِنَا وَلِمَنۡ حُقُوۡقٌ عَلَيۡنَا وَ لِجَمِيۡعِ الۡمُسۡلِمِيۡنَ عَٓامَّۃۡ بِجَاهِ النَّبِيِّ كَاشِفِ الۡغُمَّۃ وَ هَادِی الۡاُمَّۃۡ وَعَلَی اٰلِهِ و صَحۡبِهِ وَ بَارِكۡ وَ سَلِّمۡ عَدَدَ كُلِّ شَيۡءٍ بِرَحۡمَتِكَ يَآاَرۡحَمَ الرَّاحِمِيۡن وَالۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ الۡعَالَمِيۡنَ .اَللهمَّ اَعِنَّ وَ قَوِّنَا عَلَی ذِكۡرِكَ وَشُكۡرِكَ وَحُسۡنِ عِبَادَتِكۡ, اَللّٰهُمَّ اَنۡزِلِ الرَّحۡمَۃَ وَالۡبَرَكَۃَ وَ الۡمَغۡفِرَۃَ وَالنِّعۡمَۃَ عَلَيۡنَا و عَلَيۡهِمۡ وَ ارۡفَعۡ لَهُمُ الدَّرَجَات وَكَفِّرۡ عَنۡهُمُ السَّيِّاءَتِ وَضَعِّفۡ لَهُمُ الۡحَسَنَاتِ وَ اَدۡخِلۡهُمُ الۡجَنَّۃَ مَعَ الۡاَنۡبِيَاءِ وَ الۡاُمَّهَات يَٓااَيَّتُهَا النَّفۡسُ الۡمُطۡمَءِنّۃ, اِرۡجِعِيۡ اِلَی رَبِّكِ رَاضِيَۃً مَرۡضِيَّۃ فَادۡخُلِیۡ فِی عِبِادِ وَادۡخُلِی جَنَّۃِ, رَبَّنَا اٰتِنَا فِی الۡدُّنۡيَا حَسَنَۃ وَ فِی الۡاٰخِرَۃِ حَسَنَۃً وَقِنَا عَذَابَ النَّار, سُبۡحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الۡعِزَّۃِ عَمَّا يَسِفُوۡن وَ سَلَامٌ عَلَی الۡمُرۡسَلِيۡن وَالۡحَمۡدُ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعَالَمِيۡن.

Baca juga : DOA QUNUT KETIKA SHALAT SUBUH

Untuk doa setelah mengerjakan sholat yang terakhir bisa ditambahi dengan doa-doa yang lain, disini kami hanya mencantumkan beberapa doa saja, yang tak kalah penting mari kita biasakan setiap kali setelah mengerjakan sholat kita melakukan dzikir-dzikr kepada Allah Swt. dan memperbanyak membaca sholawat kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Karena sebuah doa akan terhalang tidak sampai kepada Allah bila mana doa tersebut tidak ada bacaan sholawatnya, maka di usahakan sebelum membaca Doa Setelah Mengerjakan Sholat terlebih dahulu membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Perlu di ketahui juga dalam hal berdoa ketika seseorang menjadi imam, seyogyanya dhomirnya di jamakkan, jangan menggunakan dhomir mufrod, sehingga permintaan doa tersebut sifatnya bersama-sama tidak bermakna sendiri, karena hal tersebut telah di contohkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw. tatkala beliau berdoa dengan para sahabat-sahabatnya.

Semoga doa-doa yang kita panjatkan semuanya di kabulkan oleh Allah Swt. sehingga kehidupan kita selalu mendapat pancaran taufiq serta inayah-Nya Aamiin….

Demikian kutipan tentang Doa Setelah Mengerjakan Sholat semoga bermanfaat bagi para pembaca yang selalu dirahamati oleh Allah Swt. mohon di maafkan bila mana ada kesalahan-kesalahan yang tidak kami sengaja, Wassalamualaikum Wr.Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here