Doa Keberkahan Untuk Bangsa dan Negara

0
2443
Doa Keberkahan untuk Bnagsa dan negara

Assalamualaikum Wr.Wb. sebelum kita membahas tentang Doa Keberkahan Untuk Bangsa dan Negara Ziyadah.net tak bosan-bosan untuk selalu mengajak para pembaca untuk selalu bersyukur kepada Allah Swt. atas segala limpahan karunia yang telah kita rasakan bersama, mari rasa syukur tersebut kita ucapkan dengan bacaan hamdalah satu kali ‘ ” Alhamdulillah “

Sholawat serta salam yang seindah-indahnya semoga selalu tercurahkan kepangkuan baginda nabi agung Muhammad Saw. yang telah mengenalkan kepada umat untuk mencintai pada masing-masing negara yang mereka tempati, mari untaian sholawat kita ucapkan dengan lisan dengan ucapan “Assholatuwassalamu’alaika wa’alaa aalika ya sayyidi ya rosulalloh”

Setiap manusia pasti menginginkan negara yang mereka tempati dalam keadaan yang damai, tenang, serta keberkahan yang melimpah, namun sayangnya terkadang dambaan akan hal tersebut tidak semua manusia merasakannya.

Terbukti banyak negara yang terjadi konflik yang berkepanjangan bahkan ada yang sampai terjadi perang saudara, tentunya kehidupan warga negara yang sedang di landa sebuah konflik tidak akan tenang dan nyaman, sehingga banyak dari penduduk negara yang melakukan hijrah kenegara lain dari negara asal atas alasan keamanan.

Sudah semestinya sebagai warga penduduk negara harus selalu melantunkan sebuah doa terhadap negara yang ditempati agar selalu mendapat keberkahan dari Allah Swt. sehingga penduduknya merasa nyaman dan bahagia.

Alahmadulillah kita telah di takdirkan oleh Allah Swt. bertempat di negara indonesia dengan keadaan yang aman dan tentram, hal ini merupakan sebuah anugerah dari Allah Swt. yang patut kita syukuri, bangsa indonesia adalah bangsa yang besar dengan penduduk terpadat nomor 4 dunia.

Untuk menunjang agar bangsa ini selalu diberi keberkahan dan keamanan tentunya kita sebagai warga negara harus berperan aktif akan hal tersebut baik melalui usaha dan doa, dalam hal usaha tentunya kita harus selalu bisa menyaring berita-berita yang belum tentu kebenarannya atau dalam istilah lain di sebut dengan hoax.

Karena diera digital seperti ini berita-berita dengan sangat mudah tersampaikan oleh setiap orang, sehingga bila berita itu belum tentu kebenarannya akan sangat mudah memancing provokasi antar warga, hal tersebut dikarenakan indonesia bependuduk yang mempunyai ragam budaya yang berbeda.

Dalam hal berdoa setiap warga tentunya harus lebih berperan untuk melakukannya, karena dengan kekuatan doalah penunjang terjadinya sebuah negara yang mempunyai keberkahan dan keamanan.

Perlu diketahui dalam berdoa tentunya harus dengan beberapa adab-adab dan cara tersendiri agar doa kita segera di kabulkan oleh Allah Swt. berikut beberapa adab dalam berdoa :

Cara berdoa untuk keberkahan Bangsa dan negara

1. Menghadap kiblat ketika berdoa

Dalam berdoa tentunya perlu diperhatikan dalam menghadap arah mana, karena tidak jarang sekali banyak orang yang berdoa tanpa memperhatikan arah, kita sebagai umat baginda Rosul Saw. tentunya sudah sering menjumpai beberapa keterangan bahwa seyogyanya orang yang akan berdoa menghadap ke arah kiblat.

2. Membaca sholawat terlebih dahulu sebelum melantunkan doa

Sehebat apapun doa tersebut bila diawal doa tidak di awali dengan bacaan sholawat sudah pasti doanya akan terhijab dan di tolak oleh Allah Swt. maka di sini ziyadah.net sudah sering sekali untuk menganjurkan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw. dalam setiap doanya, dengan harapan agar doa tersebut tidak terhijab dan di tolak Allah Swt.

3. Khusyu merendahkan hati dengan penuh harap agar doa dikabulkan Allah Swt.

Agar doa kita cepat dikabulkan oleh Allah Swt. tentunya hal yang terpenting adalah kekhusyuan dan kerendahan hati dalam berdoa, karena ketika seorang hamba sedang berdoa disitulah hubungan antara hamba dengan sang pencipta sedang terjadi, sehingga menjadi sebuah keharusan hamba untuk merendahkan hatinya, pengakuan dirinya yang banyak melakukan dosa dan maksiat kepada Allah Swt.sehingga kita betul2 merasa butuh akan ampunan Allah Swt.

4.Berkeyakinan akan dikabulkannya doa

Dalam menyakini sebuah doa ketika seseorang sedang berdoa juga amat sangat penting, karena dengan adanya sebuah keyakinan akan terkabulkannya doa menjadi asbab untuk rasa optimisme seorang hamba untuk terkabulkannya doa tersebut, bnyak sekali keterangan2 yang menyebutkan bahwa Allah ada pada sebuah prasangka hambanya, sehinga tergantung pada hati kita masing-masing akan prasangka kepada Allah Swt. sudah tentu pastinya ketika kita berdoa dalam prasangka kita doa kita akan dikabulkan oleh allah Swt.

Keterangan di atas adalah sebagian dari adab-adab ketika berdoa, tentunya masih banyak lagi adab-adab dalam berdao yang tidak bisa kami sebutkan secara lengkap, mengenai doa keberkahan dan keselamatan untuk bangsa dan negara, disni ziyadah.net akan mengutip ijazah dari beliau KH.ABDUL MAJID MA’RUF dari Kediri jatim, doa ini beliau ijazahkan secara umum dan boleh di amalkan siapa saja tanpa pandang bulu, berikut adalah doanya :

اَللّٰهُمَّ بَارِكۡ فِيۡمَا خَلَقۡتَ وَهٰذِهِ الۡبَلۡدَۃۡ يَا الله وَفِيۡ هٰذِهِ الۡمُجَاهَدَۃۡ يَا الله

Artinya : “Ya Allah limpahkanlah keberkahan di dalam segala makhluq yang telah engkau ciptakan, dan di dalam negeri ya Allah, dan di dalam ini mujahadah ini ya allah”

Baca juga :

Dari makna dan arti doa diatas bisa kita fahami bahwa doa tersebut menjangkau sangat luas, dalam doa tersebut kita di bimbingkan agar kita selalu mencintai semua ciptaan Allh Swt. lebih-lebih mencintai terhadap bangsa dan negara yang kita tempati ini.

Terdapat dalam doa tersebut sebuah permohonan agar semua makhluq ciptaan Allah Swt. diberi suatu keberkahan, mungkin kita bisa sejenak berfikir kira-kira berapa jumlah makhluq yang telah Allah ciptakan, mungkin bisa milyaran bahkan mungkin bisa triliyunan waallua’alam, sehingga permohonan kita untuk mereka sangat penting sekali.

Dalam definisi barokah itu sendiri ialah “semakin bertambah kebaikan-kebaikannya” sehingga tatkala kita berdoa kepada semua makhluq tentunya secara haqiqi kita mendoakan kebaikan atas mereka semua, sehingga dengan doa kita para makhluq ciptaan Allah dengan penuh harap akan meningkat kebaikannya.

Doa ini bisa di terapkan bagi para imam-imam sholat jamaah dan bisa untuk di baca secara pribadi tatkala sedang berdoa, karena mengingat keadaan akhir zaman yang sudah demikian rusaknya terutama dari para kalangan remaja, terjadi dekadensi moral yang sangat memprihatinkan, kenakalan-kenakalan remaja yang merajalela, kurangnya akhlaq sopan santun pada orang yang lebih tua sehingga mereka sulit sekali di arahkan.

Hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama, tentunya tak mudah untuk mengarahkan para remaja hanya dengan mengandalkan sebuah upaya lahiriyah semata, tentunya juga di perlukan adanya sebuah upaya secara bathiniyah yang serius untuk mewujudkannya.

Upaya secara bathiniyah tak lain adalah dengan cara kita mengadakan sebuah permohonan kepada Allah Swt. dengan doa agar para remaja dan semua masyarakat pada umumnya diberi petunjuk, taufiq, hidayah serta inayah-Nya serta memohon syafaat kepada baginda Nabi Muhammad Saw. agar mereka cepat-cepat sadar lari kembali kepada Allah Swt.

Demikian sedikit coretan dari Ziyadah.net tentang pentingnya mendoakan keberkahan bangsa dan negara serta seluruh makhluq citaan Allah Swt. semoga kita semua di taqdirkan menjadi sebuah hamba yang mempunyai hati yang selalu mengharapkan orang lain menjadi lebih baik walau diri kita belum tentu baik,

Segala kekhilafan dan kesalahan mohon di maafkan, Wassalualaikum Wr.Wb. wallahua’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here