Cara Merawat Orang Tua Diusia Senja

0
2335
Cara Merawat Orang tua

Assalamualaikum Wr.Wb. sahabat Ziyadah.net yang dimulyakan Allah Swt. sebelum kita mengupas tentang Cara Merawat Orang Tua Diusia Senja, mari kita sama-sama mensyukuri nikmat Allah yang telah kita terima berupa kedua orang tua yang telah melahirkan dan merawat kita dengan kasih sayang, mari ucapan rasa syukur kita ikrarkan dengan bacaan hamdalah “Alhamdulillah”.

Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan keharibaan baginda Nabi Muhammad Saw. dengan untaian sholawat “Assholatu wassalamu alaika wa ala aalika ya sayyidi ya rosuulallah” yang mana beliau telah mengajarkan kepada kita semua untuk mentaati dan mengasihi terhadap kedua orang tua kita.

Orang tua adalah seorang insan yang wajib kita mulyakan, jangan sekali-kali kita menyakiti hati mereka lebih-lebih pada seorang ibu, karena kita semua mengetahui bahwasanya surga ada ditelapak kaki ibu, juga murka Allah ada pada murka kedua orang tua.

Tentunya kita sebagai seorang anak harus berhati-hati dalam memperlakukan kedua orang tua kita, jangan sampai kita menyulut murkanya, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kita disaat kita masih kecil, coba kita renungkan betapa besar kasih sayang yang dicurahkan orang tua terhadap anaknya, mereka merawat kita tak kenal lelah.

Coba sejenak kita merenung betapa besar pengorbanan orang tua kita dalam merawat disaat kita masih balita, saat tengah malam orang tua kita terbangun karena kita tengah ngompol atau kepingin menyusu, hal tersebut tidak hanya cuma harian tapi tahunan lamanya.

Tapi apa yang sudah kita balas terhadap pengorbanan orang tua yang sedemikian rupa, belum lagi ketika kita menginjak usia dewasa, yang tak sedikit orang tua banting tulang untuk biaya pendidikan kita yang tidak sedikit.

Sehingga para anak harus sadar diri akan hal tersebut, maka tak heran kalau surga ada di bawah telapak kaki orang tua, karena pengorbanannya yg sedemikian besarnya, sehingga bila dunia seisinya digadaikan untuk menebus pengorbanan orang tua tatkala tidak akan cukup.

Maka sungguh ironi yang terjadi akhir-akhir ini, banyak berita yang memuat tentang kasus penganiayaan bahkan pembunuhan terhadap orang tua yang di lakukan seorang anak “NAUDZUBILLAH” di mana hati nuraninya, apakah mereka sudah tidak punya hati..? apakah mereka sudah seperti hewan…? bahkan hewan saja mereka tidak mau melukai para induknya.

Maka dari itu Ziyadah.net mengajak bersama-sama untuk saling menghormati dan menyayangi terhadap orang tua kita lebih-lebih tatkala mereka menginjak usia senja, karena pada usia tersebut dibutuhkan sebuah kesabaran yang ekstra bagi seorang anak, pada usia senjalah diri kita diuji oleh Allah Swt. akan seberapa besar balas budi kita terhadap orang tua.

Sehingga perlu diperhatikan tentang Cara Merawat Orang Tua Diusia Senja dengan baik dan benar agar orang tua kita bahagia, sehingga kita berharap agar menjadi seorang anak yang dapat “Birrul walidaini” Aamiin. berikut kami jelaskan caranya.

Cara Merawat Orang Tua Diusia Senja

Baca juga :

1.Sering mengajak berkomunikasi terhadap orang tua dengan cara mengobrol atau sedikit bercanda.

Hal tersebut perlu dilakukan terhadap anak karena pada umumnya para orang tua diusia senja mereka membutuhkan sebuah hiburan dan sedikit candaan dari anak agar fikiran orang tua tidak kosong, maka sering sekali kita lihat para orang tua yang sudah lanjut usia mereka terkadang duduk termenung diam menyendiri dengan pikiran kosong.

Terus ada juga orang tua yang mencari hiburan dengan bersilaturrohim ke tempat tetangga hanya untuk ngobrol dan berbincang, biasanya hal tersebut dilakukan para orang tua karena dirumah tidak ada orang, mungkin anggota keluarganya sedang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, maka tatkala hal demikian terjadi sepulang dari bekerja anak harus sering mengajak ngobrol dengan orang tuanya.

2.Selalu perhatikan kebutuhan pokok orang tua maupun kebutuhan tambahannya.

Dalam hal kebutuhan pokok orang tua di usia senja tentunya tidak sama disaat mereka masih bisa berupaya, dalam usia senja kebutuhan pokoknya mungkin sudah tercover dalam kebutuhan keluarga sehari-hari, namun terkadang orang tua menginginkan sebuah pegangan uang yang mungkin akan dikasihkan terhadap cucu-cucunya saat berkunjung.

Sehingga bagi seorang anak yang kebetulan satu rumah dengan orang tua yang sudah lanjut usia berilah mereka sedikit uang untuk pegangan, karena dengan adanya hal tersebut hati orang tua agak sedikit senang.

3.Apabila orang tua menginginkan berkunjung ke salah satu anak yang lain segera turuti.

Terkadang keinginan untuk bekunjung ke tempat salah satu anaknya yang lain muncul dalam benak orang tua yang sudah senja, sehingga bagi anak haru peka terhadap hal tersebut, karena terkadang keinginan itu muncul secara tiba-tiba, terkadang hati orang tua jengkel bila keinginan tersebut tidak segera dituruti.

Maka disinilah kesabaran yang ekstra dibutuhkan seorang anak, karena terkadang kita sedang sibuk dan tidak dapat langsung menuruti keinginannya, maka perlu adanya sebuah pengambilan sikap yang bijak dan pelan-pelan menjelaskan terhadap orang tua disaat kita memang belum bisa mengantarkan dan menjelaskan orang tua untuk mengantarkan dilain waktu.

4.Terkadang ajaklah mereka jalan-jalan ke tempat-tempat wisata

Keinginan untuk jalan-jalan kesebuah tempat wisata terkadang muncul dibenak orang tua yang sudah lanjut usia, maka seyogyanya bagi seorang anak bila mana memang ada rezeky lebih dan waktu yang luang ajaklah mereka untuk jalan-jalan yang tidak terlalu jauh dari rumah, karena bila terlalu jauh juga kurang baik, terkadang malah bisa menngganggu kesehatannya dikarenakan kecapekan .

5.Selalu perhatikan kesehatannya

Keadaan kesehatan orang tua yang sudah lanjut terkadang tidak stabil, bahkan terkadang ada orang tua yang dalam keadaan sakit tapi hanya diam dan tidak bilang terhadap anaknya, karena keadaan watak dan perangai orang tua berbeda-beda, ada juga yang sediki-sedikit minta berobat, maka seorang anak harus jeli melihat kondisi tersebut, karena keseringan berobat juga kurang baik, karena sering mengkonsumsi obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia.

6.Jangan sekali-kali membentak atau berbicara kasar pada orang tua.

Perbuatan yang demikian di akhir zaman semakin meraja rela Naudzubillah, tidak sedikit anak yang memperlakukan terhadap orang tuanya dengan melakukan perkataan kasar terhadapnya, hal ini mereka lakukan karena sedikit pemahaman agama yang dimiliki seorang anak, sehingga karena kurang sabarnya mereka dalam menghadapi tingkah laku orang tua yang sudah lanjut usia sang anak tega mengucapkan kata-kata kasar Naudzubillah.

Sang anak tidak sadar bahwa perbuatan yang mereka lakukan adalah sebuah Dosa besar yang dapat menyeretnya ke lembah neraka jahannam di akhirat kelak, maka perlu dipahami bagi sang anak bahwasanya orang tua yang sudah lanjut usia perangainya memang seperti anak kecil, maka dibutuhkan sebuah kesabaran dan ketelatenan dalam merawatnya.

Maka dari itu Ziyadah.net mengajak para pembaca yang mempunyai seorang anak, pahamkan mereka tentang ilmu agama, tanamkan dalam diri anak-anak kita tentang norma-norma agama dan beretika agar kelak mereka bisa menjadi anak yang soleh solihah, sehingga kelak ketika kita sudah lanjut usia mereka bisa merawat kita dengan baik sebagaimana yang telah diajarkan agama.

Demikian penjelasan dari Ziyadah.net tentang Cara Merawat Orang Tua Diusia Senja semoga kita dapat merawat orang tua kita dengan baik dan penuh kesabaran sehingga kita dapat menyandang predikat sebagai anak yang “BIRRUL WALIDAIN” Amiin… semoga coretan ini dapat bermanfaat dan apabila ada kekurangan maupun kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, Wassalamualaikum Wr.Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here