Doa Dan Amalan Malam Nisfu Syaban

0
1574
doa nisfu syaban

Assalamualaikum Wr.Wb. sebelum ziyadah.net menulis tentang Doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban mari kita semua terlebih dahulu mensyukuri atas beberapa nikmat Allah Swt. yang telah diberikan kita semua dengan ucapan ” Alhamdulillahi robbil alamin “.

Tentunya tak lupa Sholawat serta salam kita haturkan kepangkuan sang pemberi syafaat kita baik di dunia ini hingga akhirat kelak dengan lantunan sholawat ” Assholatu wassalamu alaika waalaa aalika yaa sayyidii yaa rosuulalloh ” semoga rasa mahabbah kepada beliau Saw. selalu tertanam pada kita hingga hembusan nafas terakhir Aamin.

Dalam hitungan kalender qamariyah syaban merupakan urutan bulan kedelapan, syaban berasal dari kata syiab yang artinya jalan di atas gunung, bulan ini merupakan bulan di mana umat islam setelahnya akan kedatangan sebuah bulan yang teramat sangat istimewa yakni bulan Ramadhan.

Sehingga kita selaku umat baginda Nabi Muhammad Saw. seyogyanya meniru apa-apa yang telah di contohkan beliau Saw. dengan cara menghidupkan malam nisfu syaban dengan amalan-amalan yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Swt. untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Dalam sebuah Hadits yang di riwayatkan dari sayyidina Ali Ra. sesunguhnya Rosulullah Swa. bersabda : ” ketika datang malam nisfu syaban maka hidupkanlah malamnya berpuasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah swt. pada waktu tersebut turun pada langit dunia sampai terbenamnya matahari seraya berkata, barang siapa yang meminta maka akan saya kabulkan permintaanya, barang siapa yang meminta ampun akan aku ampuni, barang siapa yang meminta rezeki akan aku kasih, hinga terbitnya fajar “. ( Durrotunnasihin hal. 222 )

Beberapa amalan dan doa pada malam nisfu syaban

ada beberapa amalan untuk menghidupkan pada malam nisfu syaban diantaranya ialah : pertama, dengan membaca surat yasin sebanyak 3x kedua, dengan memperbanyak istighfar ketiga, dengan membaca doa nisfu syaban.

Baca juga :

1.Membaca surat yasin.

Dalam membaca surat yasin banyak beberapa pandangan tentang keabsahan hal tersebut, tapi kita selaku masyarakat yang menganut faham Ahlussunah wal jamaah tentunya tidak terpengaruh dengan pandangan ulama yang bersebrangan, karena membaca surat yasin pada malam nisfu syaban merupakan sebuah wasilah untuk permohonan doa kita baik yang menyangkut kepentingan duniawi maupun ukhrowi.

Menurut Sayyid Muhammad Alwi bin Abbas Al maliki dalam salah satu kitabnya menerangkan yang artinya : “tapi tak ada larangan bagi seseorang yang mengiringi amal solehnya dengan permintaan dan permohonan hajat agama dan dunia, jiwa dan raga, lahir dan batin. Siapa saja yang membaca surat Yasin atau surat lainnya dengan ihlas lillahi taala sambil memohon keberkahan pada usia, harta dan kesehatan, maka hal tersebut tidak dipermasalahkan, artinya orang ini telah menempuh jalur baik (dengan catatan ia tidak menyakini bahwa amal solehnya tersebut di syariatkan secara khusus untuk hajat tersebut). (lihat Sayyid Muhammad Alwi bin Abbas Al Maliki Ma Dza fi Syaban? cetakan pertama, 1424 H, halaman 119 )

2.Memperbanyak istighfar

Kita adalah manusia yang lemah tentunya tak luput dari segala kesalahan dan dosa yang kita perbuat, baik kesalahan dengan Allah serta terhadap sesama manusia, pada malam nisfu syaban merupakan malam yang sangat istimewa karena pada malam tersebut Allah telah membuka lebar pintu pengampunannya.

Agar mendapatkan ampunan dari Allah Swt. yang sempurna tentunya kita harus menata cara untuk permohonan tersebut dengan adab lahir maupun batin dengan pengakuan bahwasanya kita adalah makhluk yang dholim yang selalu berbuat kesalahan, dengan banyaknya salah tersebut kita minta washilah terhadap baginda Nabi Muhammad Saw. karena beliaulah yang di beri kuasa penuh oleh Allah Swt. untuk memberikan syafaat dan pertolongan terhadap umatnya.

Dengan demikian sebelum membaca istighfar bacalah sholawat sebanyak-banyaknya lantas diteruskan dengan bacaan istighfar, silahkan membaca sholawat apa yang di sukai atau bisa juga membaca nidak “Yaa Sayyidii Yaa Rosuulallah” (kalimat nidak ini bertujuan untuk mendekatkan diri kita terhadap baginda Nabi Muhammad Saw. dengan penuh mahabbah) selama kurang lebih 30 menit setelahnya diteruskan dengan bacaan istighfar permohonan ampun kepada allah Swt.

3.Membaca Doa Nisfu Syaban.

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَايُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَ الْاِكْرَامِ يَا ذَا الطَّوْلِ وَ الْاِنْعَامِ لَااِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ ظَهْرَ اللَّجِّيْنَ وَ جَارَ الْمُسْتَجِيرِيْنَ وَ ماءْمَنَ الْخَاءِفِيْنَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ, فَامْحُ اَللّٰهُمَّ اُمِّ الْكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي, واكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفِّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَاِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلیَ لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ, يَمْحُوْ الله مَا يَشَاءْ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ الْكِتَابِ, وَ صَلَّی الله عَلَی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَی اٰلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ وَ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya : ” wahai tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan kenikmatan. Tiada tuhan selain engkau, kekuatan orang yang meminta pertolongan, pelindung orang yang mencari perlindungan, dan tempat orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika engkau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang yang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah kecelakaaan tersebut, kesialan dan kesempitan rezekikku di lauh mahfuzh. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena engkau telah berkata, sementara perkataan-Mu adalah benar di kitab-Mu yang di turunkan melalui ucapan Rosul utusan-Mu. Allah menghapus dan menetapkan apa yang dikehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh, semoga Allah memberikan Sholawat serta salam kepada Baginda Nabi Muhammad Saw. Dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah Swt.”

Demikin sedikit coretan dari Ziyadah.net tentang Doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban semoga dapat bermanfaat bagi para sahabat Ziyadah.net, apabila ada kesalahan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya, Wassalamualaikum wr.wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here