Menghadapi Kebosanan Ditengah Wabah Pandemi Covid-19

0
1241
Covid-19

Ziyadah.net-Sebelum kita membahas tentang Tips and Trik Menghadapi Kebosanan Ditengah Wabah Pandemi Covid-19, mari kita bersama-sama memohon kepada Allah Swt. agar kita semua di beri kesehatan dan di jauhkan dengan wabah penyakit seperti corona.

Hari ini masyarakat di dunia khususnya di Indonesia masih bersama-sama berjuang untuk melakukan pencegahan terkait wabah Covid-19 atau yang disebut dengan virus Corona yang tengah merebak diberbagai wilayah dan telah merenggut beribu banyak jiwa dimuka bumi ini.

Rasa duka mendalam tentunya dirasakan oleh banyaknya keluarga yang ditinggal pergi untuk selama-lamanya dengan keadaan seperti ini. Sehingga hal tersebut membuat pemerintah membuat berbagai kebijakan untuk berusaha memutus rantai penyebaran virus corona ini. Contoh kebijakan yang dilakukan pemeritah adalah mulai untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan, mengkonsumsi makanan yang bergizi yang mampu menopang system imun dalam tubuh, melakukan aktifitas fisik minimal 15 menit sehari serta berjemur dibawah terik matahari yang membentuk sudut 45 derajat agar kita tubuh dapat mendapat vitamin D yang dapat digunakan untuk membantu system imun tubuh memerangi virus yang akan menyerang tubuh.

Selain hal-hal diatas masyarakat juga dihimbau untuk tetap waspada akan tetapi tidak panik dan cemas dalam menghadapi situasi seperti ini. Masyarakat juga dihimbau untuk menyaring informasi yang beredar ditengah pandemi virus corona ini, karena banyak info yang beredar terkait cara pencegahan dan fakta-fakta virus corona yang hanya akan membuat seseorang panik dan cemas. Kecemasan seseorang dapat berimbas pada kesehatan seseorang yaitu menurunkan system imun yang selama ini sudah ada dan terbentuk dalam tubuh dengan fungsi dapat memerangi virus-virus yang hendak masuk sehingga orang-orang tidak mudah sakit. Mulailah untuk berpikir positif kedepan karena apa yang saat ini sedang kamu fikirkan dapat terjadi pada dirimu.

Melihat kondisi saat ini banyak masyarakat yang cemas akan virus corona dimana virus ini merupakan virus yang dapat menular dari manusia satu dengan manusia yang satunya dengan ritme yang dapat bilang sangat cepat. Tak sedikit orang meberitakan akan hal tersebut sehingga akibat dari berita-berita tersebut tidak jarang orang pada akhirnya mengalami perasaan takut, cemas dan lain sebagainya. Hingga banyak orang ketika sedang mengalami salah satu gejala yang dapat mengindikasikan pada terjangkitnya virus corona ini seperti demam, batuk pilek/flu, sakit tenggorokan dan sesak napas mudah berfikir bahwa dirinya tengah terjangkit virus corona tersebut. Padahal faktanya belum tentu seseorang tersebut sedang mengalami hal yang demikian.

Psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh, dimana pikiran mempengaruhi tubuh hingga penyakit itu muncul. Istilah gangguan psikosomatis digunakan untuk menyatakan keluhan fisik yang diduga disebabkan atau diperparah oleh faktor psikis atau mental, seperti stress dan rasa cemas.
Bagaimana cara mengatasi ketakutan terhadap Covid-19 atau biasa disebut dengan virus corona? Nah yang dapat dilakukan adalah:

Adapun trik menghadapi kebosanan dari pandemi Covid-19 sebagai berikut:

a.Mulailah untuk tidak menggali secara terus menerus informasi jumlah kasus Covid-19 atau virus corona dan stop untuk membagikan pada orang lain. berawal dari hal-hal tersebut ketika tidak dihentikan dapat menyebabkan orang terus-menerus dilanda kecemasan dan dilingkupi rasa tidak nyaman.
b. Membaca buku-buku positif, menyaksikan film favoritmu, atau hobi kamu agar pikiran lebih tenang dan nyaman dalam menjalani hari-hari ditengah wabah virus corona ini. Nah dengan kegiatan tersebut, kamu dapat mengembalikan imun yang mulanya turun bisa menjadi stabil dan kamu menjadi seseorang yang kuat sehingga kamu tidak mudah sakit.
c. Berikan informasi positif dan bagikan semangat untuk bertahan ditengah pandemi covid-19 atau virus corona.
d. Terapkan pola hidup sehat dalam lingkungan keluarga seperti cuci tangan, olahraga, makan bergizi, serta tidur atau istirahat yang cukup.
e. Meningkatkan ibadah kepada Tuhan, karena kita adalah makhluk ciptaan tuhan yang tak lepas dari kehendak yang maha menciptakan.

Warga masyarakat Indonesia turut ikut serta dalam memutus rantai peneybaran virus corona ini atas himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing maka banyak masyarakat melakukan lockdown mandiri. Hal ini dilakukan karena sebagai antisipasi warga dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Akibat dari adanya social distancing pembelajaran harus dilakukan secara online dari rumah atau kos masing-masing, pekerjaan yang dapat dilakukan dirumah maka diwajibkan dilakukan dirumah mengingat wabah ini tidak mengenal siapapun yang akan terjangkit. Maka dari itu masyarakat diwajibkan untuk tetap waspada dan stay at home.

Baca juga :


Beberapa Tips and Trik Menghadapi Kebosanan Ditengah Wabah Pandemi Covid-19 dapat kita lakukan dirumah untuk mengatasi kebosanan ditengah pandemi virus corona atau covid-19:

1.Beberes rumah bersama keluarga.
Kegiatan ini dapat anda lakukan saat ini untuk mengisi waktu luang yang cukup panjang dan menghindari bepergian keluar daerah. Beberes rumah dapat meningkatkan rasa nyaman karena melihat beberapa barang yang tersusun rapi dengan desain yang baru.

2.Mengasah kemampuan memasak.
Yah, ide memasak adalah hal yang paling digemari oleh banyak kaum wanita terlebih wanita yang hendak menikah dan ingin menjadi idaman mertua. Saat ini adalah waktu yang baik untuk mengasah kemampuan memasak dengan banyak resep. Kamu juga dapat bereksperimen dengan banyak rasa dan bahan-bahan yang ada.

3.Senam bersama keluarga.
Jarang-jarangkan punya waktu senam bersama keluarga disetiap pagi, nah karena pekerjaan kita dilakukan dari rumah manfaatkan waktu ini untuk menambah keharmonisan bersama keluarga dengan melakukan senam bersama sehingga kita bisa sehat bersama.

4.Meningkatkan kekhusyu’an dalam ibadah.

Hari-hari biasa susah untuk melakukan ibadah secara bersama. Mungkin saat ini adalah waktu dimana hubungan antara tuhan dan makhluk dapat diperbaiki secara bersama-sama sehingga hubungan kita dengan sesama manusia dapat berlangsung secara baik pula.

5.Mengajak anak untuk mengasah kemampuan motoric yang dimiliki.
Hal ini dapat dilakukan untuk menunjang tumbuh kembang anak, agar anak merasa dihargai dan diterima secara lingkungan sehingga kemampuan motoric anak dapat berkembang dan tumbuh secara optimal.

6.Bercocok tanam sederhana.
Disaat seperti ini tentunya kita akan mengalami kesulitan untuk mengakses keluar masuk pasar untuk keperluan membeli sayuran segar disetiap paginya. Nah, dengan memanfaatkan waktu yang ada kita bisa menggunakannya untuk bercocok tanam dan merawatnya sehingga kita dapat mendapatkan sayuran segar tanpa perlu keluar masuk pasar. Eitss, kita juga bisa memperbaiki sirkulasi udara disekitar rumah dengan tumbuhan-tumbuhan yang sudah ditanam.

7.Relaksasi
Relaksasi tidak selalunya harus keluar rumah ketempat wisata yang indah dengan membayar tiket masuk disebuah loket. Tetapi relaksasi bisa dilakukan dirumah dengan cara berendam air hangat sembari menikmati lantunan musik sehingga kita dapat menikmati kedamaian serta kenyamanan. Selain itu duduk santai didekat ventilasi rumah sembari menikmati semilir angin yang masuk juga dapat membuat kita rileks loh.
Nah, mungkin sedikit tips and trik tadi dapat membuka wawasan teman-teman sehingga akan muncul ide-ide kreatif guna menanggulangi rasa bosan ditengah merbaknya wabah covid-19 ini. Tetap tenang dan waspada untuk menghadapi pandemi ini, bersama kita bisa melawan virus ini.

Demikian coretan dari Ziyadah.net tentang Tips and Trik Menghadapi Kebosanan Ditengah Wabah Pandemi Covid-19 semoga bermanfaat bagi para pembaca, segela kekhilafan mohon di maafkan, Wassalamualaikum Wr.Wb.

By: Ika Lailatul Hikmah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here