5 Rukun Islam Yang Wajib Kita Ketahui

0
1019
penjelasan rukun islam

Assalamualaikum wr. wb. kepada sahabat ziyadah.net tentunya kita sebagai seorang muslim harus mengetahui 5 Rukun Islam Yang Wajib Kita Ketahui, sebagaimana dalam aturan syariat islam yang telah di tentukan oleh Allah Swt.

Kelima rukun tersebut merupakan sebuah pintu gerbang yang utama yang harus diketahui bagi setiap muslim maupun seseorang yang ingin memeluk islam, rukun islam merupakan syarat utama untuk di ketahui karena berkenaan dengan sebuah keyakinan yang mendasar.

Dizaman yang seperti ini terkadang banyak juga kaum muslim yang belum mengetahui akan rukun islam tersebut, hal ini merupakan sebuah hal yang sangat ironi, karena seyogyanya seseorang yang sudah memeluk islam mengetahui akan rukun tersebut.

5 Rukun Islam Yang Wajib Kita Ketahui

Karena pentingnya rukun islam dalam sebuah aturan syariat islam, yang mana seseorang tidak akan di anggap seorang muslim bila mana tidak meyakini dalam hatinya akan hal tersebut, maka di sini ziyadah.net bermaksud untuk mengulas tentang penjelasan ke 5 rukun islam tersebut, berikut adalah adalah rukun islam beserta penjelasannya.

1. Bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan yang patut di sembah secara hak melainkan Allah Swt. dan bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt.

Pada rukun islam yang pertama ini dinamakan juga dengan istilah syahadat tauhid dan syahadat rosul (syahadatain) kesaksian ini merupakan sebuah kesaksian yang syarat wajibnya harus diucapkan secara lisan dan meyakini secara penuh di dalam hatinya, namun walaupun seseorang sudah mengucapkan secara lisan tetapi tidak ada sebuah keyakinan di dalam hatinya, maka syahadat (kesaksian) tersebut tidak berguna.

Sehingga makna syahadat tauhid yaitu meyakini bahwasanya tuhan yang haq dan yang wajib disembah hanyalah Allah swt. selainnya adalah batil, Allah Swt. menciptakan makhluk ke muka bumi ini tak lain hanya untuk sebuah pengabdian kepadanya.

seperti halnya firman Allah Swt dalam al-Quran surat surat Az-zariyat ayat 56 :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا اِيَعْبُدُونِ

Artinya : “Dan aku (Allah) tidak menciptakan jin dan manusia supaya mereka mengabdi kepada-Ku”

Sehingga kita sebagai hamba Allah swt. tugas utama kita tak lain hanyalah sebatas sebuah pengabdian kepadanya yang kita realisasikan dengan sebuah ibadah-ibadah yang telah Allah atur tata caranya melalui baginda Nabi Muhammad Saw.

Mengingat kita adalah sebuah hamba yang di ciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah swt. maka seyogyanya gerak gerik langkah kita yang tidak melanggar aturan-aturan Allah swt. perlu kita niati beribadah kepadanya atau istilah lain disebut LILLAH sehingga semua langkah kita dinilai sebuah ibadah.

2.Menunaikan Sholat 5 waktu

Sholat 5 waktu merupakan paling utamanya ibadah-ibadah lahir yang diwajibkan bagi seorang muslim, sehingga Rasulullah Saw. bersabda : ” Sholat merupakan tiangnya agama, barang siapa yang menunaikannya sungguh ia telah memperkokoh agamanya, barang siapa yang meninggalkannya sungguh ia telah merobohkan agamanya” (HR. Baihaqi)

Allah Swt. memerintahkan hambanya untuk menjalankan sholat 5 waktu tak lain adalah bertujuan untuk sarana interaksi seorang hamba kepada tuhannya, dengan sholat 5 waktu seorang muslim dapat bermunajat dan berdoa atas segala hajat.

Sholat 5 waktu juga merupakan sebuah alat untuk mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, sehingga buahnya mendapatkan ketentraman jiwa dan kebahagian dunia akhirat seperti halnya firman Allah dalam Al-quran surat Al-Ankabut ayat 45 :

اِنَّ الْصَّلاَۃَ تَنْهَیٰ عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ

Artinya : “Sesungguhnya shalat itu mencegah (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar”

Dalam hal menjalankan sholat 5 waktu sebagai sebuah kewajiban seorang muslim setelah mengucapkan kalimat syahadat, juga terdapat banyak ibadah sholat-sholat sunnah yang perlu dikerjakan, karena keutamaan sholat sunnah itu sendiri dapat menutupi kekurangan-kekurangan sholat fardhu.

3.Membayar Zakat

Dalam hal membayar zakat islam telah mengajarkan kepada kita semua untuk saling berbagi, sehingga rezeki yang telah kita dapat terdapat hak-hak orang lain, dalam hal pembagian zakat insya allah akan kami jelaskan tersendiri secara detail pada bab zakat, karena terdapat beberapa macam zakat yang meliputi perdagangan, pertanian , peternakan dan lain-lain zakat tersebut wajib dikeluarkan setelah mencapai nisob

Cuma yang di maksud di dalam rukun islam ini yang di maksud dari membayar zakat adalah membayar zakat fitrah pada bulan ramadhan setelah seorang muslim menjalankan puasa ramadhan.

Baca juga :

4.Puasa dibulan Ramadhan

Rukun islam yang ke 4 adalah menjalankan puasa di bulan Ramadhan, dengan menahan makan dan minum dari terbitnya matahari hingga terbenanmnya matahari puasa bertujuan untuk melatih seorang hamba untuk menahan hawa nafsu.

Ibadah puasa juga di perintahkan kepada ummat-ummat terdahulu sebelum Nabi Muhammad Saw. seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183 :

يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَی الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang kamu agar kamu bertakwa”

5.Menunaikan Haji Bagi Yang Mampu

Rukun islam yang ke 5 adalah haji, kewajiban berhaji bagi seorang muslim yang wajib dilakukan cuma satu kali dalam seumur hidup selebihnya hukumnya sunnah,

Terdapat hikmah yang sangat besar pada ibadah haji itu sendiri, ibadah haji merupakan bentuk ibadah yang di lakukan seorang hamba kepada tuhannya yang meliputi ruh, badan dan harta.

Hikmah selanjutnya adalah berkumpulnya para muslimin dan muslimat seluruh pelosok dunia untuk menjalankan ibadah haji pada satu waktu dan tempat yang sama, mereka berpakaian ihram tanpa ada sebuah perbedaan seorang pemimpin dan rakyat, seorang yang kaya raya dan seorang yang miskin.

Mereka berkumpul pada satu waktu dan tempat yang sama tak lain hanya semata-mata beribadah kepada Allah Swt. mengharap ridhonya.

Demikian penjelasan singkat tentang 5 Rukun Islam Yang Wajib Kita Ketahui semoga kita dapat menjalankan rukun islam tersebut dengan sempurna dan langkah kita di beri kemudahan -kemudahan oleh Allah Swt. Aamiin, kurang dan lebihnya kami minta maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum wr.wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here