Bacaan Doa Sebelum Makan Beserta Adabnya

0
527
Bacaan Doa Sebelum Makan Beserta Adabnya

Assalamu’alaikum Wr.Wb. dalam kesempatan ini ziyadah.net akan menjelaskan tentang Bacaan Doa Sebelum Makan Beserta Artinya, tentunya kita sebagai seorang muslim harus selalu berusaha mengikuti apa-apa yang telah di ajarkan oleh beliau Rosulillah Saw. atau yang sering kita ketahui dengan sunnah Nabi.

Dalam hal makan setiap hari tentunya setiap orang melakukannya, bahkan di dalam dunia pendidikan usia dini sering sekali di ajarkan doa tersebut, itu menunjukkan betapa pentingnya membaca doa sebelum makan.

Hal itu dilakukan karena menyangkut keberkahan disetiap makanan kita, perlu di ingat sebuah keberkahan makanan sangatlah penting untuk kita, bila mana makanan yang akan kita makan berkah, maka tingkah laku perbuatan kita akan mengarah pada sebuah perbuatan yang positif.

Tetapi sebaliknya apabila sebuah makanan yang kita makan kurang berkah akan mempengaruhi tindak tanduk kita dalam berbuat, tentunya hal tersebut tidak kita inginkan, terkadang kita lalai dengan diri kita sendiri, kita sering mengajarkan pada anak-anak kita sebelum makan untuk berdoa, akan tetapi kita sendiri saat mau makan tidak berdoa.

Sehingga kita harus selalu intropeksi pada diri kita masing-masing akan hal tersebut, disamping kita berdoa sebelum makan tak lupa di saat berdoa kita niatkan semata-mata mengikuti perintah Rosulillah Saw. atau dalam istilah lain disebut “LIRROSUL”

Adab Sebelum Makan

Beliau Rosulillah Saw. selalu mengajarkan kepada ummatnya agar selalu mengedepankan adab ketika akan mengerjakan sesuatu, sehingga sampai hal terkecilpun beliau selalu menekankan untuk selalu memakai adab, hal ini bertujuan agar dalam setiap gerak gerik kita yang tidak mengandung unsur maksiat kita niati beribadah kepada Allah Swt. dalam istilah lain disebut “LILLAH” semata-mata mengikuti perintah Allah Swt. berikut adab sebelum makan.

1.Membaca Doa Sebelum Makan

Keberkahan makanan merupakan hal yang sangat penting, dengan suatu makan yang berkah bisa mendorong pada diri kita untuk melakuakan hal-hal positif, bahkan diri kita akan terasa ringan dalam melakukan ibadah-ibadah kepada Allah swt. berikut doa mau makan:

Baca Juga :

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan pelihara lah kami dari siksa api neraka”.

2.Habiskan Semua Makan Jangan Sampai Tersisa

Baca Juga :

Doa sebelum Makan

Beliau Rosulillah Saw. mengajarkan kepada kita agar jangan sekali-kali membuang atau menyisakan makanan kita, karena hal tersebut merupakan masuk dalam kategori “mubadzir”, disamping kita itu menyisakan sebuah makanan juga termasuk menyia-nyiakan rezeki yang diberikan oleh Allah Swt. kepada kita.

Hal tersebut juga merupakan sebuah filosofi, yang mana ketika kita diberi makanan terhadap orang lain lantas kita habiskan, maka hal tersebut dapat membuat senang hati sang pemberi, tetapi sebaliknya apabila kita diberi sesuatu makanan dari orang lain lantas kita tidak menghabiskannya maka akan dapat menyinggung perasaan orang tersebut.

3.Menggunakan Tangan Kanan Saat makan

Makan merupakan sebuah perbuatan yang di perintahkan oleh Allah Swt. sehingga seyogyanya kita menggunakan tangan kanan, karena tangan kanan digunakan untuk perbuatan-perbuatan yang baik, hal ini ditegaskan oleh sabda Nabi Saw. yang diriwayatkan dari “ibnu umar bahwasanya makan dan minumlah menggunakan tangan kanan karena makan dan minum menggunakan tangan kiri merupakan perilaku syaithon”

Tentunya kita sebagai ummat Baginda Nabi Muhammad Saw. mengikuti anjuran-anjuran beliau yang telah di syariatkan, jangan sampai kita mengikuti jejak syaithon dengan sering melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak baik, yang diantaranya menggunakan tangan kiri saat makan.

4.Jangan Tergesa-gesa Saat Makan

Hal yang perlu diperhatikan juga disaat sedang makan adalah jangan terlalu tergesa-gesa, di samping hal ini merupakan perintah dari Rosulillah Saw. dalam dunia medis juga dijelaskan bahwasanya makan secara perlahan ketika sedang makan dapat mengontrol kalori serta mengontrol kerja organ pencernaan agar tidak kram.

Demikian sedikit penjelasan dari Ziyadah.net tentang Bacaan Doa Sebelum Makan Beserta Adabnya semoga dapat di ambil hikmah dari sedikit coretan ini, kurang lebihnya segala kekhilafan mohon maaf yang sebesar-besarnya, Wassalamualaikum Wr.Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here