Ampuhnya Doa Sholawat Di Era Pandemi

0
810
Doa sholawat

Assalamualiakum Wr.Wb. pada kesempatan kali ini Ziyadah.net akan mengulas tentang Ampuhnya Doa Sholawat Di Era Pandemi saat ini, perlu kita ketahui untuk mendorong diri kita agar selalu bisa tabah dan menerima akan qodhok dan qodarnya Allah Swt. perlu adanya sebuah upaya bathiniyah yang perlu kita tingkatkan, yakni dengan memperbanyak bacaan sholawat kita kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Kondisi yang ada di negeri tercinta ini ,tentu nya sangat memprihatinkan hati. Dan terkadang tanpa kita sadari muncul dalam benak fikiran kita, siapa yang membuat kekacauan ini ,dan bagaimana islam menangani kadaan ini ? Yang pasti hal ini adalah taqdir dari sang ilahi , ngak usah tenggok kanan kiri , yang salah Amerika ,yang salah Cina ,yang salah Yahudi ,tapi tenggok lah diri pribadi ,apa yang sebelumnya kita lakukan hingga merusak negeri ini.

Saudaraku yang berbahagia,
Jika kita menenggok berita di luar negeri ,Amerika ,Cina ,Yahudi, yang konon menjadi penyebab terbesar kekacauan ini,tapi di sana malah melockdown negaranya sendiri hingga terjadi Demonstrasi dengan pemerintah Yahudi ,ini membuktikan bahwa mereka bukan seperti yang kita fikirkan ,bukan seperti persepsi yang kita presentasi kan,tapi kita harus sepakat bahwa semua ini adalah taqdir dari tuhan.

Saudaraku yang berbahagia
Setelah kita berbicara panjang lebar tentang realita yang ada, kita juga perlu berfikir bagaimana solusinya ,salah satu ulama ternama yang popularitas nya terkenal di sana-sini ,yang akan menuntaskan problematika yang sedang kita hadapi saat ini, yakni imam Asy- Syuyuti bliau pernah berkata الدعاء” الا القدر يقدر لا” tidak ada yang bisa melawan taqdir kecuali dengan doa “ ,hal ini sama dengan sabda nabi المؤمين” الصلاح الدعاء“ doa adalah senjata nya orang mukmin “ dan masih banyak refrensi /dalil yang membahas tentang definisi doa.


Saudaraku yang berbahagia
Jika kita mau meraba lebih dalam lagi tentang kemampuan manusia yang serba terbatas sampai kata لاحول ولاقوة الا با”pasti nya kita akan memilih doa sebagai sumber kekuatan ,menjadikan doa sebagai senjata dalam segala hal .
Di dalam islam ,rosulullah memberikan tuntunan bermacam macam doa ,hampir setiap gerakan ada doanya ,ada doa sebelum makan ,ada doa bangun tidur ,ada doa masuk rumah dan masih banyak doa-doa yang untuk setiap hajat /kepentingan, tapi jangan senang dulu ,jangan bangga dulu ,tidak semua doa yang di ibarat kan oleh nabi sebagai senjata ,ini bisa di gunakan dan di manfaatkan oleh semua orang ,hanya orang orang tertentu yang memiliki kreteria seperti yang di bocorkan oleh imam Asy Syuyuti, bliau berkata doa bisa di ijabah dan di terima di sisi Allah Swt mencakup empat unsur :

  • Mengenai bagaimana keadaan orang yang berdoa ,
  • Di mana tempat orang yang berdoa ,
  • Kapan waktu orang itu berdoa ,
  • Bagaimana bentuk /susunan redaksi doa tersebut .
    Melihat syarat dan ketentuan doa agar terijabah tersebut timbul sebuah pertanyaan apakah kita sanggup untuk memenuhi kreteria itu, dengan kemampuan yang serba terbatas ?, Tentunya kita tidak akan mampu melakukan nya .

Saudara ku yang berbahagia ,
Setelah kita berbicara panjang lebar tentang realita ,kita juga pelu membahas solusinya , so, kita kembali pada masalah doa , doa adalah senjata yang dimiliki oleh orang mukmin semata ,oleh karena itu ,keampuhan dan kegunaan nya juga juga berbeda-beda diantaranya

  • ada doa yang berkaitan dengan pribadi nya dengan yang maha kuasa ,
  • ada doa yang berkiatan dengan situasi dan kondisi pada waktu doa itu di cipta,
  • ada doa yang menyesuaikan keadan batiniyyah nya dan kejiwaan orang yang berdoa, Para ulama salafy berpendapat bahwa doa yang paling di ijabahi adalah doa Sholawat
    Dan pendapat itu sangat cocok dengan realita yang kita alami saat ini,lebih lebih di zaman mutakhirin ini,memang benar yang di katakan oleh ulama salafy, nenek moyang kita Nabi adam As, telah mempraktekkan keampuhan sholawat ,alkisah nabi kita Adam As, ketika di turunkan ke bumi atas kehendak Allah Swt versi islam, bliau berdoa ratusan tahun kepada Allah Swt, agar Allah Swt mengampuni segala dosa nya alhasil, tak ada respon dari Allah Swt hingga suatu ketika Nabi Adam As dalam keadaan hampir putus asa bliau teringat, ketika masih brada di surga di pintu nya ada lafadz tertulis الا ل لاالهsepontan mendapat respon dari allah.

saudarku yang berbahagia ,
jika kita mau mengaitkan kisah Nabi Adam As dengan hadist nabi muhammad Saw yang berbunyi ‘ من ذكرني فقد ذكرلله ‘artinya barang siapa yang menyebut nama ku (muhammad) itu sama halnya dengan berdzikir kepada allah, maka tidak di ragukan lagi bahwa doa sholawat adalah solusi untuk menghadapi problematika yang kita hadapi sekarang ini, yakni covid 19 yang merajarela di muka bumi.
oleh karena itu bliau KH Abdul majid ma’roef , menyusun sebuah doa khusus untuk
Seluruh umat manusia tanpa pandang bulu dan doa sholawat wahidiyah dan ajarannya yakni lillah ,billah,lirrosul,birrosul,lilghoust,bilghoust ,(lebih detailnya bisa melihat artikel sholawat wahidiyah dan ajarannya),

Baca juga :

Berikut Doa Sholawat Beserta Artinya :

اللهمَّ اِنَّكَ آمِنٌ مِنْ كُلِّ شَيْء, وَكُلُّ شَيْءٍ خَآءِفٌ مِنْكَ, فَبِاءَمْنِكَ مِنْ كُلِّ شَيء وَخَوْفِ كُلُّ شَيءٍ مِنْكَ آمِنَّا مِمَّا نَخَافُ وَ نَحْذَرُ ( يَا لَطِيف × ٣) اُلْطُفْ بِنَا فِي اُمُوْرِنَا كُلِّهَا كَمَا تُحِبُّ وَتَرْضَی وَرَضِّنَا فِی الدُّنْيَانَ وَ آخِرَتِنَا ( يَا سَتَّارْ ×١٧/١۰۰/٣١٣/١۰۰۰) اُسْتُرْنَا بِسَتْرِكَ الَّذِیْ سَتَرْتَ بِهِ عَلَی ذَاتِك فَلَا عَيْنٌ تَرَاكَ وَ لَا يَدٌّ تَصِلُ اِلَيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْن وَالْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Aman dari segala sesuatu, dan sebab keamanan-Mu dari segala sesuatu dan ketakutan segala sesuatu kepada-Mu, amankanlah kami dari segala sesuatu yang kami takuti dan yang kami kuwatirkan ! Duhai Dzat Yang Maha Pengasih kasihanilah kami di dalam urusan kami sebagaimana Engkau senangi dan yang Engkau ridloi dan ridliolah kami dalam urusan dunia dan akhirat kami. (Duhai Dzat Yang Maha Menutupi) Tutupi /lindungilah kami dengan tabir-Mu yang Engkau gunakan menutupi Dzat-Mu, sehingga tiada mata yang mampu memandang-Mu dan tiada tangan yang sampai kepada-Mu, sebab rohmat-Mu duhai Dzat Yang Maha Pengasih dari para pengasih. Segala puji bagi-Mu Yaa Tuhan seru sekalian alam.

Demikian penjelasan singkat tentang Ampuhnya Doa Sholawat Di Era Pandemi semoga kita semua bisa melalui ujian ini dengan penuh kelapangan dan keridhoan hati Aamiin. kurang dan lebihnya mohon maaf yang sebesar besarnya Wassalamualaikum Wr.Wb.

Penulis : Falah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here